Pesona Sunset Tanah Lot

Pesona Sunset Tanah Lot

             Pesona Sunset Tanah Lot, adalah judul artikel wisata kedua yang admin terbitkan kali ini, seharusnya mungkin artikel ini muncul sebagai pembuka artikel wisata edisi Bali, karena mau diakui atau tidak. Tanah lot adalah icon wisata Bali nomor satu, bukan hanya untuk pangsa pasar domestic, bahkan mancanegara pun lebih mengenal Tanah Lot sebagai tujuan wisata utama jika berkunjung ke tanah dewata, tapi berhubung admin sangat menyukai Pura Ulundanu Danau Beratan, maka artikel yang pertama diterbitkan lebih memilih mengulas tentang pura tersebut, baru selanjutnya membahas Tanah Lot.
         Menurut sejarah, Pura Tanah Lot di bangun oleh seorang brahmana yang datang dari Jawa, yakni Danghyang Nirartha, yang berhasil menyebarkan agama hindu di pulau Bali, sekitar tahun abad 13. Konon Sang Danghyang memindahkan sebongkah batu besar ke tengah Pantai saat beradu kesaktian dengan penguasa tanah lot saat itu, Bendesa Beraben, dan kemudian membangun sebuah pura diatas batu tersebut, tidak hanya itu beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular untuk menjaga pura tersebut. Konon ular tersebut masih ada sampai sekarang, Bentuk ularnya seperti ular laut pada umumnya, pipih dengan belang kuning. Bisa racunnya dikabarkan melebihi bisa ular cobra. Para pengunjung bisa melihat ular ini dengan di temani pawang ular yang bertugas di sekitar area pura. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, biasanya para pengunjung hanya diijinkan untuk melihat saja, tanpa interaksi langsung dengan sang penjaga pura tersebut.
           Tanah Lot terletak di desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, merupakan Pura laut tempat pemujaan terhadap dewa-dewi penjaga laut. Tidak jauh dari pura Tanah lot ada satu lagi pura yang cukup terkenal, Pura karang Bolong. Salah satu yang unik dari Tanah Lot, adanya air suci yang di yakini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, bahkan ada yang mengatakan bisa mengabulkan keinginan mereka yang belum punya keturunan jika meminumnya. Biasanya para pengunjung akan berderet antri untuk mendapatkan air suci ini, mereka bisa meminumnya ataupun untuk membasuh muka, kemudian para pengunjung di persilahkan untuk memberi sumbangan seikhlasnya. Seingat saya, antrian untuk mendapatkan air suci ini penuh sekali pada saat kedatangan saya ke pura tanah lot.

Sunset on Tanah Lot yang mempesona

   Waktu yang tepat untuk mengunjungi Tanah Lot ada di kisaran jam 15 – 18 Wita, karena pada saat itu, air laut belum begitu pasang, hingga kita bisa main-main lebih dekat ke pura, dan tentu saja bersiap-siap untuk berburu satu hal yang paling di tunggu di Tanah Lot, datang nya SUNSET, apalagi ? di area ini juga ada banyak jasa foto langsung jadi dengan harga ekonomis, di kisaran dua puluh ribu per foto, sedikit lebih mahal daripada jasa serupa yang ada di pura Ulundanu Danau Beratan. Tapi worthly lah, secara Tanah Lot memang lebih populer bagi wisatawan mancanegara di banding tempat wisata lainnya di Bali. Sekedar informasi saja, ternyata menunggu sunset di Tanah Lot itu merupakan agenda wajib yang tidak bisa di lewatkan begitu saja. Waktu itu, admin sampai terkaget-kaget dengan begitu banyaknya turis baik lokal maupun mancanegara yang sabar menunggu sunset datang dari jam lima sore, padahal sunsetnya sendiri baru ada di sekitar jam enam bahkan hampir setengah tujuh malam. Ombak Tanah Lot saat itu sudah semakin tinggi, tapi sama sekali tidak menyurutkan niat para pemburu Sunset untuk menunggu moment tersebut. Dan untungnya, saat itu sunset berjalan dengan sempurna, tidak ada awan yang menghalangi, semburat jingga mewarnai seluruh pelosok cakrawala Tanah Lot. Walau memang tidak berapa lama, perlahan semburat jingga itupun memudar perlahan.

Jpeg
Jpeg

           Sebagai salah satu tempat tujuan wisata terpopuler di Bali, Tanah Lot sudah cukup mewakili, mungkin hanya sedikit perbedaan dengan pura Ulundanu adalah terletak pada sarana bermain anak yang tidak ada di Tanah Lot. Tapi mungkin karena memang Tanah Lot lebih special di peruntukan untuk para turis yang senang berburu sunset, yang notabene kebanyakan turis yang datang secara berduaan saja, ataupun berkelompok tapi jarang dengan seluruh anggota keluarga. Jika anda sudah pernah menyaksikan Sunset Tanah Lot, maka anda akan sepakat mengatakan, “ This is the best place for seeing the best Sunset ever in the world “, tidak ada yang akan meragukan hal yang satu ini.
         Yang terakhir, tentu saja admin akan membahas tentang oleh-oleh, satu hal yang tidak boleh anda lewatkan saat bepergian khususnya pergi liburan adalah berburu oleh-oleh. Tanah Lot salah satu destinasi liburan yang bisa dikatakan paket komplit jika bicara tentang oleh-oleh yang bisa di beli di tempat ini. Ada banyak deretan kios-kios souvenir di sepanjang jalan menuju gerbang Tanah Lot. Dengan berbagai macam jenis jualan, dari harga yang super murah sampai harga yang tidak masuk diakalpun banyak. Tugas anda hanya tinggal memilih, mana yang paling anda suka, dan mana yang paling sesuai dengan budget anda. Waktu itu admin tertarik membeli beberapa sandal jepit dengan hiasan bunga jepun diatasnya, warnanya beraneka ragam, pink, green, violet, red and many more. Harganya pun ramah kantong, Cuma di kisaran rp. 15.000 rupiah saja, dan jika ingin lebih murah, beli lah dalam jumlah yang banyak, 2 kodi mungkin ( Sekalian buat jual nanti di kampung halaman, he he he ) it jus kidding !!! just do buy what you liked.
              Sekian dulu artikel edisi wisatanya kali ini, sampai ketemu di artikel wisata berikutnya, tidak bosannya admin menulis, berwisatalah dengan agen tour and travel yang mengutamakan kenyamanan dan perjalanan yang lebih baik, ICHA Tour73, harga murah tapi kwalitas tetap bisa di sejajarkan dengan travel-travel besar lainnya. Anda buktikan sendiri !!!

Paket Wisata Reguler

Pesona Pura Ulundanu

 

 

2 Replies to “Pesona Sunset Tanah Lot”

  1. Tanah lot memang yang paling populer dibanding tempat lain di bali, apalagi kalau bicara soal sunsetnya, gak ada yang bisa ngalahin deh. Sukses selalu dan ditunggu artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengunjung


LAZADA

BOOKING.COM

Booking.com